KUNJUNGAN INDUSTRI

Pekalongan- Kemarin, Sabtu (28/9/2019) HMJ Perbankan Syariah melaksanakan Kunjungan Industri ke Unit Produksi Teh Kaliboja PT Pagilaran. Kunjungan Industri ini merupakan program kerja dari Divisi Kewirausahaan, yang mengangkat tema "Memantik Kreativitas Mahasiswa Dalam Dunia Industri".
Unit Produksi Teh Kaliboja PT Pagilaran merupakan  salah satu unit pengolahan teh PT Pagilaran yang hasil produksinya berupa teh hitam orthodox.  Unit Produksi Kaliboja mengolah pucuk teh rakyat dengan pola kemitraan (plasma) melalui Proyek PIR Lokal Teh Jawa Tengah yang telah diinisiasi pada tahun 1985. Proyek PIR Lokal Teh Jawa Tengah merupakan hasil kerjasama Tripartit antara Departemen Pertanian, Petani wilayah Pekalongan dan PT Pagilaran. Unit Produksi (UP) Kaliboja PT Pagilaran ini berlokasi di Desa Kaliboja, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.
Unit Produksi Kaliboja memiliki luas lebih dari 1.500 hektar yang dimiliki lebih dari 2.500 Petani. Unit Produksi Kaliboja bersama petani teh berkomitmen untuk menerapkan sistem pertanian yang berkelanjutan. Unit Produksi Kaliboja memiliki ketinggian 800 mdpl – 1.300 mdpl dan beriklim tropis sehingga memiliki banyak curah hujan, bahkan di bulan terkering. Suhu rata-rata tahunannya 23.2 °C. Curah hujan tahunan rata-rata 4.665 mm. Tanaman teh yang ditanam yaitu teh T-RI dan teh Gambung.  Di mana tanaman teh T-RI merupakan tanaman yang tahan akan cuaca kemarau, namun tidak tahan dengan cuaca yang dingin. sedangkan tanaman teh gambung tahan akan cuaca hujan, tetapi tidak tahan akan cuaca kemarau.


1. Pembukaan Kunjungan Industri dan Perkenalan dengan Pihak Perkebunan serta Pihak Produksi. 











 2. penyampaian materi tentang tanaman Teh, cara pemetikan, dan cara perawatan tanaman teh oleh Bapak Darmono.












 3. 












  teknik pengambilan teh secara halus, itu dari 
 biji tanaman teh. yang coklat tua adalah biji teh bagian luar dan biji teh yang warna puttih adalah biji teh bagian dalam. 
biji teh yang masih muda berwarna hijau.
Daun teh yang terkena penyakit cacar. Daun teh yang terkena cacar, mulanya terdapat bintik kuning pada daun yang lama-kelamaan menyebar sehingga berwarna putih seperti pada gambar di bawah.


 Daun yang terkena hama, seperti pada gambar di bawah.
 Daun teh yang sudah mekar dan yang belum mekar.




4. penyampaian materi tentang pengelolaan teh yang sudah dipetik, oleh Bapak Hartono.


Box-box yang digunakan untuk menapung daun-daun teh yang sudah dipetik, yang nantinya akan digulung, digiling dan di sortasi basah sehingga menjadi teh yang kita nikmati.










Penyerahan kenang-kenangan kepada pihak UP Kaliboja PT Pagilaran oleh Nur Muhammad Syaklus Sa'ad selaku Ketua HMJ Perbankan Syariah.




 Foto bersama dengan pihak UP Kaliboja PT Pagilaran.




Postingan populer dari blog ini

RAPAT KERJA BERSAMA PEMBINA PERBANKAN SYARIAH 2018