Sosialisasi Perbankan Syariah

Rabu, 9 Mei 2018 Himpunan Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah (HMJ PBS) IAIN Pekalongan  mengadakan sosialisasi mengenai perbankan syariah, kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Desa Katitanglor, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan. Sosialisasi perbankan syariah tersebut merupakan salah satu program kerja departemen pengembangan sumber daya insani. Kegitan ini dilakukan satu tahun sekali. Sosialisasi yang bertujuan untuk memperkenalkan perbankan syariah kepada masyarakat agar masyarakat dapat beralih ke perbankan syariah. Sosialaisasi tahun ini kedatangan pemateri dari BNI Syariah Pekalongan, beliau adalah Bapak Tri Adi Wijaya, S. COM.
Sosialisasi dimulai dengan membaca surat al-Fatihah dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Hymne IAIN Pekalongan, mars FoSSEI dan lagu PKK. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua HMJ PBS, pembina dan perwakilan dari ibu-ibu PKK. Sosialisasi kali ini bertemakan “Mari Mengenal Perbankan Syariah!”. Perbankan syariah sekarang ini sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Lembaga perbankan dibagi menjadi dua yaitu bank konvensional dan bank syariah.Dalam Undang-Undang No.21 tahun 2008 diterangka bahwa yang dimaksud dengan perbankansyariah adalah segala sesuatu yang menyangkut tentang Bank Syariah dan Unit Usaha Syariah, mencakup kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya. Ada pula beberapa bank konvensional yang mendirikan bank syariah yaitu BNI Syariah, BRI Syariah, MEGA Syariah, dan lain sebagainya.Apa perbedaan bank syariah denganbank konvensional? Yang pertama bank syariah dalam melakukan investasi adalah yang halal sedangkan bank konvensional dalam melakukan investasi bisa haram dan halal. Kedua bank syariah menggunakan prinsip bagi hasil sedangkan bank konvensional menggunakan bunga. Ketiga bank syariah dalam penghimpunan dan penyaluran dana harus sesuai dengan fatwa DPS sedangkan bank konvensional tidak terdapat dewan sejenis.
Dari sekian pemaparan dari pemateri banyak sekali ibu-ibu PKK yang antusias mendengarkan sosialisasi tersebut. Bahkan ibu-ibu PKK tersebut banyak yang bertanya karena ingin mengetahui secara mendalam mengenai perbankan syariah. Ada pula salah satu ibu-ibu PKK menanyakan “Apakah benar bank syariah tersebut benar-benar syariah?” dan pemateri pun menjawab “InsyaAllah bank syariah benar-benar bank yang syariah sesuai ketentuan Islam, contohnya dari pegawainya pun memakai hijab, saat memasuki bank pun memberikan 3S Senyum Salam Sapa dan lain sebagainya.” begitu ujar dari beliau.
Tak terasa waktu telah menunjukkan pukul 18.00 WIB. Namun, pada akhirnya waktu diskusi berakhir. Kegiatan sosialisasi ditutup dengan membaca al-Hamdalah. Sebelum meninggalkan tempat sosialisasi, panitia penyelenggara memberikan kenang-kenangan kepada pemateri dan kepala desa kemudian para kader melakukan foto bersama dengan pemateri.


Postingan populer dari blog ini

KUNJUNGAN INDUSTRI

RAPAT KERJA BERSAMA PEMBINA PERBANKAN SYARIAH 2018